Akad Nikah

AuSMuFrHDZcxmoJsc8QVAtexP00Vw7ZhmCD_S95sE5hV

Inti dari sebuah pernikahan adalah pada saat akad nikah, yakni diucapkannya kalimat ijab oleh wali nikah mempelai wanita dan qobul oleh mempelai pria. Setelah calon mempelai pria mengucapkan qobul, para saksi mengecek apakah pengucapan ijab dan qobul tidak diselingi oleh pernyataan lain. Maksudnya, ucapan ijab dari wali mempelai wanita dengan qobul dari mempelai pria harus sambung menyambung tanpa putus, tanpa ada jeda. Jika para saksi menganggap ijab dan kabulnya sambung menyambung, maka biasanya mereka menetapkan bahwa akad nikah yang barusan dilakukan adalah sah, dengan mempertimbangkan terpenuhinya persyaratan rukun nikah. Sejak saat itu kedua mempelai telah sah menjadi suami istri. Maka pelaksanaan akad nikah tidak boleh dikesampingkan meskipun acara resepsi justru menjadi hal yang paling menjadi perhatian pada masa ini.

Akad nikah seringkali diselenggarakan di kediaman mempelai wanita. Beberapa memilih masjid sebagai tempat diselenggarakannya akad nikah sehingga suasana bertambah khidmat. Identik dengan kesederhanaan dan dekorasi serba putih membuat momen ini tak pernah kehilangan kesakralannya. Para tamu undangan yang datang pun tidak sebanyak saat resepsi pernikahan. Hanya keluarga, kerabat, dan teman-teman terdekat yang diundang. Karena kehadiran mereka dalam momen penting ini akan memberi motivasi dan kebahagiaan tersendiri bagi kedua mempelai. Itulah mengapa ketika sahabat Anda melangsungkan akad nikah alangkah baiknya Anda berada di sisi mereka. Tak jarang akan ada tangis bahagia disana.

Adanya souvenir dalam acara akad nikah memang tidak menjadi sebuah keharusan, berbeda dengan resepsi pernikahan. Namun bagi Anda yang ingin memberikan kenang-kenangan untuk orang-orang terdekat Anda maka bisa memilih souvenir yang berbeda dari yang Anda berikan saat resepsi. Tak perlu mahal, namun mengesankan dan bermanfaat. Salah satu produk baru yang baru saja kami rilis adalah souvenir berupa buku surah Al-Kahfi. Dibuat dengan desain cantik dan isi full warna membuat souvenir ini berbeda dari yang lain. Anda bisa memilih desain dari kami atau menggunakan desain Anda untuk diaplikasikan pada buku. Inshaa Allah buku ini akan bermanfaat untuk para tamu Anda dalam menjalankan ibadah sunnah di hari Jumat.

Info lengkap bisa di-update di akun instagram dan twitter kami @refizasouvenir atau langsung menghubungi customer service kami. Jadi, sudah sampai mana persiapan pernikahanmu? :)

by Amalia Miza