AQIQAH

Aqiqah ialah penyembelihan kambing/domba untuk anak pada hari ketujuh dari hari kelahirannya. Jumlahnya 2 ekor untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Aqiqah dapat dipandang sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas karunianya dan sebagai ungkapan rasa tanggung jawab atas amanat yang diberikan Allah SWT, agar dapat memelihara dan mendidik anak dengan baik dan penuh kasih sayang.

Pelaksanaan aqiqah menurut kesepakatan ulama adalah hari ketujuh dari kelahiran. Hal ini berdasarkan hadist samirah dimana Nabi SAW, Bersabda :
“Seorang anak terikat dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh dan diberi nama”. (HR. Al- Tirmidzi)

Dari salman bin Amir Ad-Dhabiy, dia berkata Rosulullah bersabda :
“Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelilah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya”. (HR. Bukhari)

Aqiqah hukumnya sunnah muakkad, sekalipun orang tua dalam keadaan sulit. Jika memungkinkan penyembelihan dilangsungkan pada hari ke-7 (tujuh), jika tidak maka pada hari ke-14 (empat belas), dan jika demikian masih tidak memungkinkan maka pada hari ke-21 (dua puluh satu) dari hari kelahirannya. Jika memang masih tidak memungkinkan, maka pada kapan saja.

Dan saat akan menyembelih hewan itu pun ada syaratnya, adapun syarat hewan yang dapat dijadikan aqiqah itu sama dengan syarat hewan qurban, yaitu :
– Kambing yang sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia 2 (dua) tahun.
– Domba yang sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
– Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
– Dagingnya tidak boleh dijual.

Aqiqah terdapat manfaat yang baik bagi umat islam, ialah :
Merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT, sekaligus sebagai wujud syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah dengan lahirnya seorang anak. Aqiqah sebagai sarana menyampaikan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rosulullah SAW.

Bagaimana sobat REFIZA, apakah anda masih ragu untuk aqiqahkan anak anda? setelah membaca sedikit penjelasan diatas. Kini aqiqah rasanya kurang lengkap jika tidak ada buku aqiqah untuk acara anda dan bisa pula sebagai buah tangan untuk para tamu anda.

REFIZApun hadir dengan produk buku aqiqah untuk melengkapi acara anda, dengan pilihan motif cover yang menarik dan sesuai permintaan anda. Segera dapatkan buku aqiqah produk dari REFIZA mulai saat ini, untuk info lebih lanjut hubungi customer service kami.

BBM : 57AAC6BB
W.A  : +6289602038805
Telp : (031) 51503781