Beberapa Tanda Ketika Ajal Tiba

lubang-kubur
Kematian memang menjadi rahasia Ilahi, hanya Allah SWT yang mengetahui kapan ajal menghampiri kita. Kehidupan di dunia memang sementara, tetapi kehidupan akhirat adalah selamanya. Tidak sedikit orang yang lebih mengejar dunia daripada mencari amal untuk bekal di akhirat nanti. Maka, sebelum terlambat hendaknya kita bertaubat kepada Allah SWT, seperti yang sudah dijelaskan Dalam sebuah hadits Qudsi yang diriwayatkan dari Anas bin malik:

 
Wahai anak Adam selama engkau masih berdoa kepada-Ku dan berharap kepada-Ku, Aku ampuni engkau apa pun yang datang darimu dan aku tidak peduli. Wahai anak Adam walaupun dosa-dosamu mencapai batas langit kemudian engkau meminta ampun kepada-Ku, Aku akan ampuni engkau dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika engkau mendatangi-Ku dengan sepenuh bumi dosa dan engkau tidak menyekutukan-Ku, maka Aku akan menemuimu dengan sepenuh itu pula ampunan.
(HR. Tirmidzi –dan beliau menghasankannya).
 
Allah memberi tanda-tanda kematian seorang muslim sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari dan 1 hari menjelang kematian, diantaranya:
 
Tanda 100 hari sebelum ajal tiba
 
Ini adalah tanda pertama dari Allah SWT  dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya. Walaupun semua muslim akan mendapat tanda ini tetapi ada yang menyadari dan tidak menyadari. Selepas waktu ashar, seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki terasa bergetar atau seakan-akan seperti menggigil.
 
Tanda 40 hari sebelum ajal tiba
 
Bagian pusat atau ubun-ubun berdenyut. Pada saat itu daun yang bertuliskan nama akan gugur dari pohon Arsy. Kemudian malaikat maut akan mengambil daun tersebut.
Tanda 7 hari sebelum ajal tiba
 
Tanda ini hanya diberikan kepada mereka yang diuji dengan musibah sakit, 
 
Tanda 3 hari sebelum ajal tiba
Pada ketika ini akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita, mata pada warna hitam juga tidak bersinar lagi. Daun telinga layu atau masuk ke dalam dan telapak kaki yang terbujur perlahan jatuh ke depan.
Tanda 1 hari sebelum ajal tiba
Sesudah waktu Ashar akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di bagian ubun-ubun. menandakan tidak akan bertemu waktu waktu Ashar di keesokan harinya.

Itulah tanda-tanda menjelang ajal tiba, keterangan diatas adalah tanda-tanda kematian, bukan kepastian, adapun ajal, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Mari kita mencari amal sebanyak-banyaknya sebelum amal kita ditutup.

by Amalia Miza