Surah Ar-Rahman

ar-rahman

Rasulullah SAW bersabda : “Segala sesuatu mempunyai pengantin, dan pengantin Al-Quran adalah surah ar-Rahman.” Surah Ar-Rahman tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Surah ke-55 dalam Al-Quran ini merupakan satu-satunya surat yang diawali dengan nama Ilahi. Terdiri dari 78 ayat dengan ciri khas kalimat fabi ayyi ala i rabbikuma tukazziban yang diulang sebanyak 31 kali. Surat ini menerangkan betapa Maha Pemurah Allah SWT kepada makhluk-makhluknya, baik ketika di dunia bahkan sampai di akhirat kelak. Ada beberapa hadis yang menyatakan keutamaan surah Ar-Rahman.

1. Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).

Lanjut baca

Prosesi Siraman

siraman

Siraman untuk calon pengantin merupakan adat pernikahan jawa turun menurun. Setiap langkah mempunyai makna pada prosesi siraman berlangsung yakni agar para calon pengantin dapat mensucikan diri dan hati semakin mantap untuk melanjutkan pernikahan keesokan harinya. Biasanya calon pengantin kerap menjalani ritual tersebut sehari atau beberapa hari menjelang hari pernikahan. Pada upacara ini semua keluarga besar akan berkumpul bersama dan memberikan doa restu pada calon pengantin.

Sebelum melaksanakan prosesi siraman, diawali dengan prosesi pasang bleketepe (anyaman daun kelapa) &  tuwuhan. Sedangkan siraman sendiri diawali dengan menyiapkan air siraman yang berasal dari 7 sumber mata air yang berbeda dan dimasukkan ke dalam gentong. Sumber air siraman biasanya diambil dari masjid-masjid, rumah besan, rumah pini sepuh, yang kemudian diaduk dengan campuran bunga.

Siraman dimulai dari kedua orang tua pengantin diikuti oleh pini sepuh (orang yang sudah berkeluarga) yang telah dipilih. diakhiri oleh sang periasnya. Air wudhu lalu dikucurkan oleh sang ayah dari kendi siraman. Kemudian kendi dipecahkan oleh kedua orang tua sebagai tanda pecahlah pamor sang anak sebagai wanita dewasa. Ditetapkan hanya tujuh orang yang boleh memandikan. Dalam bahasa Jawa tujuh sama dengan pitu ( Jawa ) yang berarti pitulung (Jawa). Hal ini mengandung makna pertolongan.

Siraman sebagai upacara adat yang dilakukan memiliki alur rangkaian acara yang pakem “sudah mapan” sehingga susunan acaranyapun sudah mapan. Diawali dari adanya sungkeman atau pangakbeten calon pengantin kepada kedua orangtuanya sampai tata cara siapa urut-urutan siapa yang memandikan, sebab semuanya memiliki makna dan simbol.

Untuk calon pengantin pria, upacara siraman dilakukan di kediamannya. Sebelumnya, keluarga calon pengantin wanita mengutus seseorang untuk membawa air siraman yang disebut banyu perwitasari ke kediaman calon pengantin pria. Air siraman tersebut dituang ke dalam bokor air yang digunakan untuk siraman calon pengantin pria.

Acara siraman biasanya dibarengi dengan acara pengajian. Seringkali souvenir dibagikan untuk para tamu undangan. Biasanya berupa tasbih, bros, jilbab, dan buku doa menjelang pernikahan yang berisi bacaan dan doa untuk kedua calon mempelai.

 

Gaun Pengantin Muslim

Menikah pasti menjadi impian semua orang. Momen sekali seumur hidup tersebut sangat spesial sehingga seluruh persiapan harus dilakukan secara matang dan detail. Dari sekian banyak pernak-pernik menjelang pernikahan pakaian pengantin tentu yang paling menarik perhatian. Pakaian tak dapat dipisahkan dari pengantin wanita yang tengah berbahagia menjadi ratu sehari. Maka biasanya ia rela mengeluarkan budget yang tak sedikit demi mendapatkan gaun pengantin yang cantik, bahkan eksklusif.

http://2.bp.blogspot.com/-GcGOUYpLT2g/U-wEA-dCXJI/AAAAAAAAAIk/uX1JsTLRFvE/s1600/Baju%2BPengantin%2BMuslimah%2Bterbaru.jpg

Source : Google

Mayoritas masyarakat Indonesia yang menganut agama Islam menginspirasi para perancang busana untuk membuat gaun pengantin wanita muslim. Bahkan, pakaian adat sekalipun dimodifikasi menjadi pakaian pengantin muslimah. Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan karena semakin banyaknya wanita muslim yang menjalankan syariat Islam. Namun, kita harus tetap selektif memilih gaun pengantin muslimah

  1. Model Gaun Pengantin. Banyak gaun pengantin yang dibuat tanpa mengedepankan unsur syari’i. Sehingga meskipun gaun menutup seluruh tubuh namun tetap memperlihatkan lekuk tubuh. Apalagi dengan model kerudung yang tidak menjulur menutup dada. Pilihan kembali kepada diri Anda masing-masing. Namun alangkah baiknya jika Anda memilih gaun yang bukan hanya cantik namun juga syar’i. Saat ini banyak salon muslimah yang menyediakan gaun pengantin syar’i untuk momen spesial Anda.
  2. Warna dan Corak. Bagi Anda yang sudah memilih tema warna untuk resepsi pernikahan tentu akan disibukkan dengan memilih warna gaun yang pas. Biasanya Anda akan memilih gaun dengan nuansa senada. Nah, pandai-pandailah memilih gaun pengantin muslim yang cantik dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Mungkin warna pastel bisa menjadi pilihan. Karena Anda pasti akan tetap menjadi pusat perhatian walaupun dengan gaun yang simple namun elegan.
  3. Harga. Pada hari pernikahan tentu tidak ada salahnya untuk tampil sedikit berlebihan. Terkadang ketika terpesona pada kecantikan gaun pengantin Anda sampai rela mengeluarkan dana dengan jumlah ekstrim. Alangkah baiknya jika dana untuk serangkaian acara pernikahan tidak terkuras untuk gaun pengantin saja. Karena masih banyak hal krusial yang harus Anda pertimbangkan pendanaannya.

Nah, pada akhirnya semua tergantung keputusan Anda. Pastikan semua hal terencana dan berjalan dengan baik untuk hari pernikahan Anda. Jadi, seperti apa gaun pengantinmu nanti?

 

 

Customer Dari Brunei

Tasbih-tasbih produksi Refiza terbukti telah banyak menarik perhatian. Karena selain cantik dan elegan produk kami juga jarang ditemukan di pasaran. Setelah ratusan order yang kami terima dari dalam negeri, beberapa waktu lalu paket souvenir tasbih telah sampai kepada seorang customer kami di Brunei Darussalam.

Melayani customer dari luar negeri memang susah-susah gampang. Apalagi harus berharap-harap cemas apakah nantinya produk akan sampai dengan selamat di alamat tujuan. Mengingat jarak yang ditempuh lumayan jauh. Namun menjalaninya tetap saja menyenangkan. Bagaimanapun ini merupakan langkah awal untuk memperluas jaringan. Siapa tahu, nantinya akan ada order lain yang datang dari negeri seberang. Sehingga Refiza akan semakin dikenal masyarakat.

Bukti pembayaran dari customer.

Bukti pembayaran dari customer.

Lanjut baca

Pilah-Pilah Souvenir Pernikahan

20150217143240

Bagi Anda yang akan segera menikah, apakah sudah mempersiapkannya secara matang?  Karena Anda harus mempersiapkan banyak hal mulai dari baju pengantin, tempat resepsi pernikahan, catering, souvenir, dan lain sebagainya. Souvenir pernikahan menjadi hal yang tidak boleh terlupakan. Ada beberapa macam pilihan, diantaranya tasbih, gantungan kunci, kipas, asbak , dan lain sebagainya. Biasanya para tamu undangan pasti penasaran souvenir apa yang akan mereka dapatkan. Dalam pemilihan souvenir, anda harus teliti. Karena kebanyakan tamu undangan menanti souvenir apa yang mereka dapat. Mereka sangat tertarik apabila desain dari souvenir yang ada pilih cantik dan menarik. Akan lebih baik jika sebuah souvenir bermanfaat di kemudian hari dan dapat menjadi fungsi. Sehingga souvenir tidak dilupakan begitu saja . Dalam artikel ini kita akan membahas tentang fungsi souvenir dan tips mencari souvenir.

Berikut adalah tips memilih souvenir :

  1. Souvenir dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir acara pernikahan anda. Carilah souvenir yang unik dan agar mereka senang ketika mendapatkannya. Pastinya pemberian Anda akan selalu diingat.
  2. Pilihlah souvenir dengan tampilan yang cantik, menarik, dan elegan untuk dibagikan kepada para tamu undangan.
  3. Souvenir menjadi simbol acara pernikahan Anda. Misalnya disesuaikan dengan warna atau tema resepsi pernikahannya.
  4. Usahakan souvenir pernikahan Anda adalah souvenir yang berfungsi untuk para tamu undangan. Contoh : tasbih untuk ibadah.
  5. Perhatikan kualitas souvenir yang Anda pilih. Jangan mudah tergiur dengan harga murah namun kualitasnya tidak sebanding. Mulailah dengan mencari referensi dari orang terdekat Anda, terutama yang pernah memesan di tempat tersebut.
  6. Pilihlah souvenir dengan bijak agar budget tidak membludak. Nah, ini yang paling penting. Pastikan anggaran untuk souvenir sudah Anda atur dari awal. Jadi, ketika memilih souvenir ingatlah anggaran yang sudah direncanakan kalau tak mau biaya souvenir membengkak.

Jika Anda masih bingung memilih souvenir pernikahan, Refiza bisa menjadi pilihan. Refiza menyediakan berbagai tasbih cantik cocok untuk souvenir pernikahan. Tasbih Refiza pasti berkualitas dengan harga tetap terjangkau. Kemasannya yang cantik dan elegan siap memukau para tamu hari spesialmu.

Tasbih Untuk Souvenir Pernikahan

Pernikahan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Oleh karena itu tak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan biaya yang cukup fantastis untuk sebuah pesta pernikahan. Tidak salah memang, karena momen ini sakral dan diharapkan hanya akan terjadi sekali seumur hidup. Jadi, semuanya wajib dipersiapkan secara matang. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari undangan, hantaran, riasan, hidangan, dekorasi, dan dokumentasi. Namun yang tidak kalah penting adalah kesan dari tamu undangan yang hadir, salah satunya melalui souvenir atau kenang-kenangan yang diberikan.

Salah satu koleksi tasbih keramik Refiza

Salah satu koleksi tasbih keramik Refiza

Refiza Souvenir on Bridestory
Lanjut baca

Agar Tamu Terkesan

Sebuah pesta pernikahan pasti akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Setidaknya ada tiga hal penting yang harus diperhatikan karena nantinya ketiga hal ini akan diingat oleh para tamu. Pakaian, hidangan, dan kenang-kenangan.

  1. Pakaian. Mengapa pakaian? Karena itulah yang pertama kali tampak dari sebuah pesta. Ajining raga saka busana, seseorang akan kelihatan gagah, tampan atau berwibawa, cantik dan lain-lain karena berbusana dengan benar atau menyesuaikan dengan kondisi dan tempat. Busana menunjukkan sifat atau karakter si pemilik acara. Pada pernikahan sekarang umumnya warna pakaian pengantin diseragamkan dengan keluarga besar sehingga tampak kompak dan serasi. Maka pilihlah pakaian yang menunjukkan karakter Anda dan keluarga, ya.
  2. Lanjut baca

Scandal at Wikipedia

I am aware a lot of you out there who love love. You realize who you’re. You are if you observe pals getting together those who adore. You love when people drop in-love. You virtually obtain a high if you encounter love. You need love terms and romantic communications. You love something intimate and shocks, goodies. You most likely possess a large amount of enthusiasm and flare.

An excellent article that’s in-depth investigation can run you about $10-$20 per article.

Your associations likewise could possibly be hot with levels and levels. Lanjut baca

Empat Bulanan Kehamilan

Kehadiran seorang anak pasti sangat dinantikan oleh setiap pasangan telah menikah. Bahkan, oleh seluruh keluarga besar. Salah satu hikmah pernikahan memang untuk melanjutkan keturunan. Maka Rasulullah SAW pernah bersabda untuk menikahi perempuan yang mudah rahimnya atau mudah memiliki keturunan.

“Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan kejadiannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nuthfah. Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga (40 hari). Kemudian menjadi gumpalan seperti sekerat daging selama itu pula (40 hari). Kemudian diutus kepadanya seorang Malaikat maka ia meniupkan ruh kepadanya dan ditetapkan empat perkara, ditentukan rezkinya, ajalnya, amalnya, sengsara atau bahagia.”
(HR. Bukhori & Muslim)

Sumber : http://www.rumahkeluarga-indonesia.com/jika-hendak-memberi-nama-bayi-5030/

Sumber : http://www.rumahkeluarga-indonesia.com/jika-hendak-memberi-nama-bayi-5030/

Sebuah hadis mengungkapkan bahwa pada usia kehamilan seratus dua puluh hari atau empat bulan janin yang berada di dalam kandungan akan ditiupkan ruh dan ditetapkan segala perkara duniawinya. Maka tak jarang beberapa calon orang tua menggelar pengajian empat bulanan ataupun hanya mengantarkan hidangan tertentu ke orang-orang terdekat. Selain sebagai wujud rasa syukur atas titipan Allah SWT juga untuk mendoakan si calon bayi agar memperoleh ketetapan yang baik. Sehingga nantinya ia akan menjadi seorang anak yang lurus sesuai harapan orang tuanya dan berguna bagi agamanya. Pengajian empat bulanan bukan ibadah yang wajib dalam Islam. Tidak menyelenggarakannya pun tidak masalah. Kembali pada keyakinan pribadi saja.

Bila diadakan acara pengajian di rumah biasanya yang diundang adalah keluarga dekat, ibu-ibu majelis taklim, dan tetangga di sekitar lingkungan. Layaknya sebuah acara pengajian ada beberapa ayat Al-Qur’an yang dibacakan, yakni surat Ar-Rahman, Luqman, Yusuf, Maryam, dan Yasin. Selain itu dibacakan pula doa-doa yang baik untuk keselamatan kelahiran si calon bayi dan ibunya. Menu makanan yang dihidangkan pun sesuai selera penyelenggara acara. Terkadang para tamu masih diberi ‘bungkusan’ dan souvenir untuk dibawa pulang.

Akhirnya keputusan tergantung pada Anda. Pastinya setiap waktu doa-doa selalu dimohonkan demi kebaikan si calon bayi. Jika memang ingin mengadakan pengajian empat bulanan tidak perlu acara yang besar, cukup sederhana saja disesuaikan dengan budget yang Anda siapkan.

 

Hukum Hadiah Dalam Islam

Siapa saja pasti akan senang ketika menerima hadiah. Biasanya hadiah diberikan datangnya dari orang tercinta. Tentunya akan meninggalkan kesan tersendiri bagi si penerima. Hadiah biasa diberikan saat momen spesial, misalnya saat ulang tahun, menikah, atau hari jadi pernikahan. Selain itu juga diberikan sebagai imbalan atas tercapainya sesuatu, misal ketika memperoleh peringkat pertama di kelas sahabat akan mendapatkan hadiah dari ayah atau ibu. Bagaimana hukum hadiah menurut Islam?

Sumber: http://www.ilmuini.com/2012/06/hadiah-kado.html

Sumber: http://www.ilmuini.com/2012/06/hadiah-kado.html

Lanjut baca