Doa-doa Pernikahan

Sahabat, pernikahan merupakan momen sakral khususnya bagi kedua mempelai karena pada saat itu kehidupan baru mereka akan dimulai. Bukan hanya mempersatukan keduanya namun juga kedua keluarga. Perlu diingat bahwa pernikahan adalah sebuah akhir pencarian sekaligus awal perjalanan dua pribadi berbeda yang memutuskan bersama-sama menjalani hidup sampai akhir hayat. Perbedaan seringkali menjadi masalah utama usai pernikahan. Misalnya ada pasangan yang baru mengetahui kebiasaan buruk pasangannya, perbedaan karakter dan sifat, dan yang paling sering adalah perbedaan pendapat terhadap suatu hal. Semua justru terjadi setelah menikah. Itulah megapa diperlukan kesiapan mental sebelum menikah.

menikah

Surat Ar-Rum ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya : “Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”


Qur’an surat A-Rum ayat 21 tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita. Seringkali ayat tersebut dicantumkan dalam undangan resepsi pernikahan. Allah SWT telah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan agar mereka bisa membina rumah tangga sakinah, mawadah, dan rahmah. Bertemu dengan jodoh dan menikah adalah harapan setiap orang, namun bukan berarti mudah menjalaninya. Untuk kerabat, teman, sahabatmu yang akan menempuh hidup baru, yuk, kita doakan agar mereka selalu bisa mengatasi segala masalah dalam berumah tangga nanti. Berikut ini adalah doa-doa pernikahan yang sering diucapkan seiring ucapan selamat menempuh hidup baru untuk kedua mempelai.

“Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak dari keduanya memberkati mereka berdua, meningkatkan kualitas keturunannya sebagai pembuka pintu rakhmat, sumber ilmu dan hikmah serta pemberi rasa aman bagi umat.”

(Doa Nabi Muhammad SAW, pada pernikahan putrinya Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib)

———————————————————————————————————————

Barakallah hu lakuma wa baraka alikuma Wa jamaah baina kuma fii khair

“Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi atasmu serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan.”

———————————————————————————————————————

Barakallahu fikum wa baraka ‘alaikum

“Semoga Allah memberikan kamu dan menjadikan kamu berbahagia.”

(H.R.Nasa’i).

Demikian ulasan mengenai doa-doa pernikahan. Semoga para sahabat bisa membangun keluarga sakinah, mawadah dan rahmah. Untuk sahabat yang belum menikah semoga segera bertemu dengan jodoh terbaik dari Allah SWT. Aamiin.

 

Refiza Souvenir on Bridestory

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci: