Dua Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Shubuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu, di mana Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat kala itu. Allah Ta’ala berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Shalat subuh ialah shalat yang mungkin bagi sebagian orang sulit untuk dilaksanakan dengan tepat waktu karena sulit untuk bangun pagi, sebelum shalat subuh dilaksanakan ada waktu waktu shalat terbaik diantaranya shalat tahajud dan shalat sunnah sebelum subuh yang begitu banyak membawa kebaikan bagi yang melakukannya.

Shalat sunnah sebelum subuh dilaksanakan sebelum shalat subuh itu sendiri dilakukan dan dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah sebab merupakan shalat sunnah. Kali ini Refiza Souvenir akan mengupas tentang manfaat yang luar biasa dari shalat sunnah sebelum subuh. Simak yuk!

1. Shalat Sunnah Terbaik

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725). Salah satu keutamaannya ialah menjadi shalat terbaik diantara shalat sunnah lainnya sebab dianggap lebih baik dari dunia dan seisinya, hal itu karena shalat subuh sendiri adalah shalat wajib yang terkadang sulit dilakukan karena sulitnya bangun pagi oleh orang orang tertentu, melakukan shalat sunnah subuh akan menguatkan dan mendisiplinkan waktu shalat subuh.

2. Jalan Masuk Surga

“Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725). Tentunya setiap amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah akan membawa ke surga, termasuk menjalankan shalat sunnah sebelum subuh yang merupakan teladan Rasulullah, bagi yang bisa melaksanakan tentunya akan menyimpan amal baik dalam dirinya serta jauh dari penyakit hati menurut islam.

 3. Kebaikan di Akherat

Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim 726). Bagi yang rutin melakukan shalat sunnah sebelum subuh disertai menjaga amalan lainnya dengan baik akan mendapatkan kebaikan di akherat dan mendapatkan bekal yang indah untuk kehidupan di akherat pula dan jauh dari siksa neraka.

4. Diampuni Dosa Dosanya

Dari Qais bin Qahd radhiyallahu’anhu, bahwasanya ia shalat shubuh bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan belum melakukan shalat sunnah dua rakaat qabliyah subuh. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah salam maka ia pun salam bersama beliau, kemudian ia bangkit dan melakukan shalat dua rakaat qabliyah subuh, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat perbuatan tersebut dan tidak mengingkarinya. (HR. At Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi: 1/133).

Jelas bahwa setiap perbuatan baik akan menjadi jalan pengampunan dosa dosa, shalat sunnah sebelum subuh yang dilanjutkan dengan banyak membaca dzikir kepada Allah tentunya akan menjadi jalan untuk pengampunan dosa dan menjadi jalan untuk lebih banyak melakukan kebaikan sehingga terlindung dari segala keburukan.

5. Teladan Rasulullah

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari no. 618 dan Muslim no. 723). Rasulullah selalu memberi contoh untuk melakukan shalat sunnah sebelum subuh dan selalu rutin menjalankannya serta menjadikan hal tersebut sebagai salah satu teladan baik.

Hal itu pula yang wajib dicontoh oleh kita semua sebagai umatnya, walaupun dilakukan dengan rakaat yang ringan namun memiliki keutamaan dan pahala yang begitu besar serta memiliki berbagai dampak baik bagi kelanjutan shalat subuh yang dilakukan dan bagi segala aktifitas lain yang dilakukan, setiap yang melakukan tentu akan memiliki kebiasaan baik dan menjadi seseorang yang lebih disiplin dan lebih istiqomah dalam beribadah dan dalam kehidupan sehari hari.

Subhanallah..Itulah manfaat yang luar biasa ketika kita menunaikan shalat sunnah sebelum subuh. Refiza Souvenir kini hadir dengan tasbih dan sajadah cantik yang pastinya membuatmu semangat untuk beribadah. Pemesanan sangat mudah, anda hanya perlu menghubungi customer service kami melalui whatsapp di nomor 08978024789. Tentunya pembelian dalam jumlah banyak mendapatkan harga yang lebih murah. Bagi anda yang berminat, tersedia juga paket souvenir islami yang lain seperti mukenah, hijab, tasbih, buku-buku doa (yasin, al-kahfi, majmu’ syarif, dan masih banyak lagi). Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi instagram @refizasouvenir dan juga website kami www.refiza.com. 
Yuk buat ibadahmu lebih semangat dengan produk cantik dari Refiza Souvenir! Semoga kita sebagai umat islam bisa mengamalkan dan menjalankan amal tersebut dan menambah bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak. Amiinn.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan