Hukum Aqiqah dalam Islam dan Ketentuannya

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan kata Aqiqah. Aqiqah atau akikah merupakan perayaan menyembelih kambing yang dilakukan sebagai bentuk dari rasa syukur karena bayi yang baru lahir. Hukum Aqiqah adalah sunnah mu’akkad yang artinya ibadah sunnah yang sifatnya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Aqiqah laki-laki dan perempuan tentu berbeda, laki-laki dengan dua ekor kambing dan perempuan seekor kambing. Apabila mencukupkan diri dengan seekor kambing bagi anak laki-laki, itu juga diperbolehkan. Dan apabila ketika waktu dianjurkannya aqiqah tetapi orangtua sedang dalam keadaan faqir(tidak mampu), maka ia tidak diperintahkan untuk aqiqah.

Karna Allah Ta’ala berfirman, yang artinya: “Bertakwalah kepada Allah semampu kalian” (QS. At Taghobun: 16).

Hadist tentang perbedaan jumlah kambing yang disembelih untuk laki-laki dan perempuan: Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya berkata jika Rasulullah bersabda, “Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” [Sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Abu Dawud (2843), Nasa’I (7/162-163), Ahmad (2286, 3176) dan Abdur Razaq (4/330), dan shahihkan oleh al-Hakim (4/238)].

Aqiqah yang sah adalah jika sudah memenuhi syarat dari hewan qurban yakni tidak cacat dan juga sudah masuk ke usia yang sudah disyaratkan dalam Islam. Aqiqah adalah menyembelih di hari ke-7 sejak kelahiran bayi yang dimaksudkan untuk bersyukur pada Allah.

Dalam melaksanakan aqiqah ada beberapa ketentuan yang harus sesuai dengan syariat agama islam. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

1. Dilaksanakan di hari ke-7, 14, atau 21

2. Jumlah hewan aqiqah (dua ekor kambing bagi laki-laki dan satu ekor kambing bagi perempuan).

3. Jenis hewan aqiqah (kambing/domba. Boleh jantan maupun betina).

4. Disunnahkan mencukur rambut.

5. Dibagikan setelah dimasak.

Pada waktu aqiqah juga diadakan pembacaan ayat suci Al-Qur’an khusus aqiqah. Refiza souvenir saat ini hadir dengan inovasi baru buku cantik aqiqah yang siap mengisi moment spesialmu. Selain untuk dibaca, buku aqiqah ini sudah dilengkapi dengan tasbih untuk souvenir dan yang pasti harga sangat terjangkau.

Pemesanan sangat mudah, anda hanya perlu menghubungi customer service kami melalui whatsapp di nomor 08978024789. Tentunya pembelian dalam jumlah banyak mendapatkan harga yang lebih murah. Bagi anda yang berminat, tersedia juga paket souvenir islami yang lain seperti mukenah, hijab, tasbih, buku-buku doa (yasin, al-kahfi, majmu’ syarif, dan masih banyak lagi). Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi instagram @refizasouvenir dan juga website kami www.refiza.com. Sekarang adalah saatnya memilih souvenir yang bermanfaat bagi tamu anda! Bukankah bermanfaat bagi orang lain adalah pahala?

Semoga bermanfaat! 

Tinggalkan Balasan