Jodoh

nikah

Kata tersebut sudah tak asin lagi bagi kita. Terlebih bagi para remaja yang beranjak dewasa. Jodoh selalu menjadi bahasan wajib pada setiap pembicaraan. Membicarakan jodoh menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Karena hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui siapakah jodoh kita kelak. Maka kita kadang berandai-andai untuk memiliki jodoh yang sempurna. Tanpa mengetahui kelak dengan siapa kita akan melabuhkan pilihan.

Jodoh memang rahasia Allah SWT. Tidak ada yang tahu melainkan Dia. Terkadang jodoh datang sebelum kita menyadari. Namun ada pula yang harus menuggu sedikit lebih lama. Namun yang pasti semua sudah digariskan. Beruntunglah bagi yang telah menemukan jodohnya. Maka sudah saatnya menyatukan dalam ikatan pernikahan demi mengharap ridho Allah SWT.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untuk kalian isteri-isteri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi kaum yang berfikir.”
(Q.S. Ar-Ruum : 21)

Bagi Anda yang telah bertemu jodohnya hendaknya selalu menjaga suasana hingga terwujudlah rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan rahmah. Setiap suami dan istri baiknya menyadari hak dan kewajibannya masing-masing. Sehingga peran masing-masing dapat dijalankan dengan baik tanpa ada masalah yang berarti. Sedangkan bagi yang belum menemukan jodohnya maka hendaknya terus memantaskan diri, memperbaiki diri agar dipertemukan dengan seseorang yang insya Allah juga sedang memperbaiki dirinya sebelum bertemu dengan kita. Allah berfirman dalam A-Quran:

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”
(Q.S.An­-Nuur:26)

Nah, jadi tak perlu galau dan kesepian, ya. Yuk terus memperbaiki diri dan selalu berlomba dalam perbaikan. Allah SWT kelak akan mempertemukan kita dengan jodoh di waktu yang tepat dan indah.

by Amalia Miza