Kebersihan

grand_mosque2

Rasulullah SAW sangat menyarankan kepada umat muslim untuk senantiasa menjaga kebersihan. Agama Islam merupakan agama yang cinta bersih. Hidup bersih harus dimulai dari diri sendiri, pakaian, rumah, tempat ibadah dalam lingkungan sendiri. Memelihara kebersihan berarti mentaati perintah Allah.

Hadits dibawah ini menjelaskan:

Sesungguhnya Allah SWT. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R. at –Tirmizi: 2723)

Tahukah anda? bahwa kewajiban shalat lima waktu merupakan terpeliharanya kebersihan, karena ibadah shalat itu sah apabila orang tersebut terlebih dahulu membersihkan diri dengan berwudhu. Demikian juga ibadah tersebut sah apabila pakaian dan tempat tinggal kita bersih dari segala najis. maka dari itu umat muslim harus mencintai kebersihan untuk dirinya sendiri maupun keluarganya agar senantiasa dicintai Allah SWT

Berikut adalah hadits Rasulullah SAW :

  • Hadist Rasulullah saw, menerangkan tentang betapa pentingnya kebersihan dan perlunya usaha mewujudkan kebersihan, antara lain:Kebersihan itu sebagian dari iman ( HR Muslim )
  • Agama itu di bangun diatas kebersihan ( HR. Al-Ghazali )
  •  Sesungguhnya islam itu bersih, hendaklah kamu mewujudkan kebersihan karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih (HR Khatib)
  • “Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi.”(HR. Tirmidzi)

Jika ingin sehat dari segala sesuatu penyakit, hendaknya kita membersihkan tempat tinggal kita , memakai pakaian yang bersih agar terhindar dari najis yang bisa membuat ibadah kita tidak diterima, memakan makanan yang bersih , sehingga kita Insha Allah sehat dari segala penyakit. Mari kita senantiasa hidup bersih dan sehat.

by Amalia Miza