Kewajiban Berjilbab Bagi Muslimah

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59).


Jilbab adalah identitas seorang muslimah dan pembeda antara wanita muslimah dan wanita non muslim. Jilbab merupakan suatu kewajiban untuk seorang muslimah layaknya kewajiban melaksanakan sholat lima waktu. Tetapi, banyak sekali wanita saat ini yang enggan memakai jilbab dengan alasan yang bermacam-macam, meskipun mereka tau bahwa berjilbab hukumnya wajib. Seperti yang sudah dijelaskan surah An-Nuur ayat 31 :

Katakanlah Kepada Wanita Yang Beriman: “Hendaklah Mereka Menahan Pandangannya, Dan Memelihara Kemaluannya, Dan Janganlah Mereka Menampakan Perhiasannya, Kecuali Yang (biasa) Nampak Daripadanya, Dan Hendaklah Mereka Menutupkan Kain Kerudung Ke Dadanya, Dan Janganlah Menampakan Perhiasannya,Kecuali Kepada Suami Mereka, Atau Ayah Mereka, Atau Ayah Suami Mereka, Atau Putra-Putra Mereka, Atau Putra-Putra Suami Mereka, Atau Saudara-Saudara Laki-Laki Mereka, Atau Putra-Putra Saudara Laki-Laki Mereka, Atau Putra-Putra Saudara Perempuan Mereka, Atau Wanita-Wanita Islam, Atau Budak-Budak Yang Mereka Miliki, Atau Pelayan-Pelayan Laki-Laki Yang Tidak Mempunyai Keinginan (TERHADAP WANITA) Atau Anak-Anak Yang Belum Mengerti Tentang Aurat Wanita Dan Janganlah Mereka Memukulkan Kakinya Agar Diketahui Perhiasan Yang Mereka Sembunyikan, Dan Bertaubatlah Kamu Sekalian Kepada Alloh Hai Orang-Orang Yang Beriman Supaya Kamu Beruntung. (QS.An-Nuur:31)

Dari ayat ini, maka wanita Muslimah perlu memperhatikan apa yang ia pakai karena setiap wanita adalah perhiasan yang tidak boleh diumbar. Berjilbab bukan untuk trend ataupun mempercantik diri, melainkan untuk menutup diri dan terlindung dari pandangan lelaki yang bukan mahramnya. Wanita saat ini banyak yang tidak percaya diri saat berjilbab karena takut akan kecantikannya memudar ataupun masih merasa belum siap. Sebenarnya ketika kaum wanita memakai apa yang sudah diwajibkan, maka kecantikannya tidak memudar, bahkan bertambah kecantikannya seperti cantik dari hati, cantik akhlaknya dan dapat menjaga perilakunya.

Yuk ladies segera sempurnakan ibadah kita dengan mneutup aurat. Semoga kita semua adalah orang – orang yang beruntung karena termasuk dalam umat yang ikut memperjuangkan penegakan Risalah Islam,