MAKANAN KHAS LEBARAN

Momen lebaran tidak pernah lepas dari makanan khas daerah yang disantap sesudah sholat idul fitri. Ada beberapa daerah yang menyajikan menu khasnya 1 tahun sekali, biasanya menyantap menu khas lebaran ini bersama keluarga besar dan tetangga. Nah, di bawah ini ada beberapa menu yang wajib ada saat lebaran.

a. Ketupat

Ketupat atau kupat adalah salah satu hidangan khas lebaran. Isi ketupat yaitu beras yang dibungkus dari anyaman daun kelapa muda atau yang biasa kita sebut dengan janur. Lebaran rasanya belum lengkap jika tidak ada hidangan khas lebaran ini.

b. Opor ayam

Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal didaerah Indonesia. Menu ini sangat cocok jika dimakan bersama ketupat. Dengan kuah santan gutih dan ayam yang empuk, serta kentang dan telur rebus yang membuat ketagihan.

c. Rendang

Rendang adalah masakan khas minangkabau yang sudah terbukti kelezatannya oleh masyarakat dunia. Rendang menjadi makanan terlezat nomor 1 didunia. Cocok disantap dengan ketupat. Menu yang kaya akan rempah-rempah ini sangat lezat di setiap gigitannya

d. Sambal kentang

Makanan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu sambal kentang. Kentang yang dipotong dadu dan diberi cabai dan rempah-rempah membuat sambal satu ini memiliki banyak penggemar mulai dari muda hingga tua. cocok dimakan bersama berbagai lauk pauk khas lebaran.

e. Kue Kering Lebaran

Kue kering menjadi hal yang wajib dihidangkan ketika lebaran. Biasanya untuk hidangan para tamu yang ingin bersilaturahmi. Ada berbagai macam kue kering, diantaranya nastar, kastenge, putri salju, lidah kucing.

Banyak penjual musiman yang menjual kue, harga beragam dari 30.000 rupiah sampai 150.000 rupiah untuk 1 toples kue. Seiring berkembangnya zaman berbagai jenis varian kue pun bermunculan. Kue-kue khas mancanegara pun mulai berdatangan, seperti kue kering macaron dari itali dan cupcake. Sebenarnya cupcake sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kue ini diminati oleh masyarakat karena keunikan dan berbagai jenis toppingnya.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang makanan khas lebaran. Yuk, segera persiapkan hidangan lebaran Anda dari sekarang. Banyak pilihannya, lho.