MALAM LAILATUL QADAR

Pada bulan suci Ramadhan banyak sekali berkah yang diberikan Allah SWT bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa, shalat tarawih, dan serta rangkaian ibadah lainnya. Salah satu berkah dibulan Ramadhan ini adalah malam Lailatul Qadar. Sudah tau malam lailatul qadar itu?

Malam lailatul qadar adalah malam yang penting di bulan puasa. Beberapa meyakini bahwa malam lailatul qadar berada di antara 10 malam terakhir Ramadhan. Berdasarkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A. :

” Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadan dan beliau bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”

(HR: Bukhari dan Muslim)

 

Dalam Alqur’an dijelaskan juga keistimewaan lailatu qadar adalah suatu malam yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang lebih baik dari 1000 bulan atau malam penuh kemuliaan. Mulia karena memiliki pemahaman malam diturunkannya Al Quran yang memiliki kemuliaan. Lailatul Qadar adalah suatu malam dimana karunia Allah dengan segala kebaikan serta keberkahan didalamnya melalui malaikat yang juga memiliki kemuliaan diturunkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW seorang manusia yang paling mulia di muka bumi ini. Oleh karena itu, malam lailatul Qadar istimewa dari malam-malam biasanya

Tidak ada yang tahu pasti kapankah malam Lailatul Qadar itu. Namun ia memiliki tanda-tanda, diantaranya tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak ada angin, tidak hujan. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis:

 

“Pada malam Lailatul Qadar itu tidak panas & tidak dingin, tidak berawan dan tidak hujan dan tidak berangin, tidak juga terang dengan bintang-bintang, tanda di pagi harinya adalah Matahari terbit bercahaya lembut.”

(HR As-Suyuthi)

 

Kita sebagai umat muslim juga disunnahkan untuk menunaikan shalat di malam lailatul qadar. Shalat lailatul qadar dilaksanakan pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Yuk kita buru malam Lailatul Qadar, malam 1000 bulan yang penuh dengan keberkahan. Alangkah bahagianya jika kita bisa mendapati keberkahan Allah SWT pada malam itu. Mari tetap istiqomah di jalan-Nya dengan berlomba-lomba dalam kebaikan.

 

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci: