Manfaat Membaca Surat Yaasiin bagi Orang yang Sudah Meninggal

Hampir seluruh masyarakat meyakini dan menjalankan ‘kewajiban’ turun temurun untuk kerabat yang sudah meninggal yakni membaca surat yasin. Masyarakat membaca surat yasin biasanya pada 3 hari sejak meninggalnya, 7 hari, 40 hari, 100, 1000 hingga haul setiap tahunnya. Namun sudahkah kamu mengetahui apasih sebenarnya manfaat kita membaca surat yasin untuk orang yang sudah meninggal dunia? Apakah ada juga yang tidak memperbolehkan? Nah! Kali ini Refiza Souvenir akan memberi informasi tentang manfaat surat yasin untuk orang yang sudah meninggal dan sedikit kontranya. Simak yuk!

Memang ada banyak sekali hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk membacakan Al-quran buat orang yang sudah meninggal. Di antaranya:

Dari Ma’qil bin Yasar ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bacakanlah surat Yaasiin atas orang yang meninggal di antara kalian.” (HR Abu Daud, An-Nasaa’i dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban)

“Jantungnya Al-Quran adalah surat Yaasiin. Tidak seorang yang mencintai Allah dan negeri akhirat membacanya kecuali dosa-dosanya diampuni. Bacakanlah (Yaasiin) atas orang-orang mati di antara kalian.” (Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Anas bin Malik ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Barangsiapa memasuki pemakaman lalu membaca surah Yasin, niscaya azab kubur mereka (yang berhak mendapat siksa) diringankan pada hari itu, dan akan mendapatkan kebajikan sebanyak jumlah ahli kubur yang ada di dalamnya.”

Karena itu, umat Islam di seluruh negara Islam umumnya meminta seorang pembaca Al-Qur’an untuk membaca surah Yasin di sisi kuburan kerabatnya dengan harapan agar Allah swt. mencurahkan rahmat-Nya.

Tak hanya itu, ada juga kontra di kalangan ulama.
Mereka yang menolak terkirimnya pahala bacaan untuk orang meninggal berargumen bahwa semua hadits tentang perintah Rasulullah SAW untuk membacakan Al-Quran atas orang meninggal itu harus dipahami bukan kepada orang meninggal, melainkan kepada orang yang hampir meninggal. Jadi menjelang kematiannya, bukan pasca kematiannya atau setelah dikuburkannya.

Namun argumentasi mereka dibantah oleh As-Syaukani, penyusun kitab Nailul Authar. Beliau mengatakan bahwa lafadz yang ada di dalam hadits itu jelas-jelas menyebutkan kepada orang yang meninggal. Kalau ditafsirkan kepada orang yang belum mati, mereka harus datang dengan qarinah.

Tentu saja hal itu bukan menjadi penghalang kita untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Dan membaca surat yasin bukan hanya meringankan siksa kubur orang yang sudah meninggal, namun juga menjadi pahala bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkannya. Refizasouvenir kini hadir dengan yasin cantik dan nyaman untuk dibaca. Pemesanan sangat mudah, anda hanya perlu menghubungi customer service kami melalui whatsapp di nomor 08978024789. Tentunya pembelian dalam jumlah banyak mendapatkan harga yang lebih murah. Bagi anda yang berminat, tersedia juga paket souvenir islami yang lain seperti mukenah, hijab, tasbih, buku-buku doa (yasin, al-kahfi, majmu’ syarif, dan masih banyak lagi). Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi instagram @refizasouvenir dan juga website kami www.refiza.com. Jadikan ibadahmu menjadi lebih semangat dengan produk cantik dari Refiza Souvenir!

Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan