Pengajian Tahlilan

AgQ3sBDLQMd7Qb88SPAuhM7Dx8f5jRb1uSBVsTaLjzqA

Tradisi turun temurun Umat Islam di Indonesia, bila seseorang muslim wafat, maka keluarga yang ditinggalkan akan menyelenggarakan pengajian tahlilan yang dihadiri oleh para kerabat, keluarga, saudara, dan tetangga.

Apa sih Tahlil itu ?
kata tahlil memiliki arti mengucapkan laailaahaillallah. Dalam hadits dijelaskan, bahwa Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Perbaharuilah imanmu! Seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cara memperbaharui iman? Beliau menjawab, “Perbanyaklah tahlil

Maka tahlil mengandung pengertian yaitu mengucapkan kalimat laailahaillallah (tiada Ilah selain Allah).Kata tahlil serumpun dengan kata Tahmid yaitu mengucapkan alhamdulillah, tasbih; subhanallah, hamdalah; alhamdulillahi rabbil ‘alamin, dan sebagainya. karena di dalamnya terkandung pernyataan pengakuan keesaan Allah Ta’ala dalam ibadah dan pengakuan akan sucinya Allah Ta’ala. Nabi shallallahu alaihi wasallam menganjurkan untuk membacanya dan menjanjikan pahala yang besar karenanya.
Keutamaan Tahlilan :

Dari Abu Hurairah Radhiallahuan bahwa Rasullulah Ahallallahu alaihi Wasallam bersabda: “Barang siapa yang membaca Laa Ilaha Illallah Wahdahu Laa Syarika Lahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Wa Huwa ‘Ala Kulli Syay’in Qadir” yang artinya : tiada sembahan yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagiNya, hanya milikNya semua kekuasaan, hanya milikNya segala Pujian, dan dia Maha Mampu atas segala sesuatu. Dalam sehari 100 kali, maka bagaikan telah membebaskan 10 orang budak, ditetapkan untuknya 100 kebaikan, dihapus darinya 100 kejelekan, dia mempunyai perlindungan dari setan sepanjang hari itu sampai sore, dan tidak ada seorangpun yang bisa mendatangkan amalan yang lebih baik daripada apa yang dia amalkan kecuali orang yang membaca bacaan ini lebih banyak daripada dirinya. Dan barang siapa yang membaca: Subhanallahi Wabihamdih (Aku menyucikan Allah dan segala puji hanya untukNya) dalam sehari 100 kali, maka semua kesalahannya akan diampuni walaupun sebanyak buih dilautan” (HR. Muslim No. 2961)
Istilah tahlilan lebih dipahami di lingkungan masyarakat Indonesia sebagai bagian dari dzikir, khususnya ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia.
Berikut ini adalah Surah atau doa yang selalu dibaca dalam acara tahlilan yaitu:
1. Membaca Surat Al-Fatihah.
2. Membaca Surat Al-Falaq
3. Membaca Surat An-Naas
4. Membaca Surat Al-Ikhlash.
5. Membaca Surah Yasiin.
Refiza menyediakan souvenir tahlil untuk keperluan Anda. Dengan desain cantik dan unik pasti akan mengesankan para tamu undangan Anda. Informasi dan pemesanan bisa melalui customer service kami. Jangan lupa follow akun instagram dan twitter kami @refizasouvenir untuk mendapatkan update terbaru mengenai produk kami.

by Amalia Miza