Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung

Hijab, jilbab, dan kerudung adalah hal yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa perbedaan ketiganya. Karena ketiga kata tersebut sering diartikan sama, yakni sebagai penutup kepala. Bahkan, sekarang makin berkembang modelnya, tak jarang bahkan dilengkapi dengan akseseoris agar lebih cantik. Namun, ternyata hijab, jilbab, dan kerudung memiliki makna berbeda mengacu pada pandangan Islam, yang secara terang telah dijelaskan dalam Al-Quran

http://amazinghijabstyle.blogspot.com/
http://amazinghijabstyle.blogspot.com/

Hijab

Asal kata hijab adalah hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. Menurut Al-Quran hijab adalah penutup. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 58 yang memerintahkan kepada para sahabat Rasulullah SAW pada waktu mereka meminta suatu barang pada istri Rasulullah SAW, untuk memintanya dari balik hijab. Jadi, hijab secara umum bisa diartikan sebagai tirai pembatas atau penghalang.

Berakitan dengan hal ini Syaikh Al Bani rahimahullah mengatakan, “Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua Hijab itu Jilbab, sebagaimana yang tampak.”

Jilbab 

Jilbab juga sering diartikan sebagai penutup kepala. Padahal bila membaca firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab jilbab berarti kain yang digunakan untuk menutup seluruh tubuh sebagai pelindung dari gangguan. Jadi bisa diartikan bahwa jilbab sebenarnya adalah baju yang biasa kita sebut jubah atau gamis.

Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab 59:
“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri  orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.Yang demikian itu supaya mereka  lebih mudah untuk dikenal,karena  itu mereka tidak diganggu.Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.

Jilbab yang dapat melindungi tentulah yang menutup seluruh tubuh, longgar atau tidak ketat, tidak menerawang, dan tidak mencolok warnanya. Karena hal-hal tersebut lah yang dapat mengundang perhatian orang banyak. Inilah yang perlu kita diperhatikan oleh para wanita yang selalu berproses untuk menutup aurat secara sempurna.

Kerudung

Kerudung dalam Islam disebut sebagai khimar, yaitu kain penutup kepala yang menjulur sampai menutupi dada. Sesuai firman Allah SWT dalam surat An Nur ayat 31:

“Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.  Dan hendaklah mereka menutupkan khimar (kain kerudung) ke dadanya…”

Begitulah penjelasan mengenai perbedaan hijab, jilbab, dan khimar menurut Islam. Semoga bermanfaat 🙂

 

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci: