Puasa Syawal

http://beliabangkit.blogspot.com/2014/07/rebutlah-fadhilat-dan-niat-puasa-6-di.html

Puasa Syawal

Menurut syariat islam, puasa adalah suatu ibadah kepada Allah SWT yaitu menahan lapar dan dahaga serta menjaga perilaku yang menyebabkan batalnya puasa. Dalam islam, puasa ada dibagi menjadi 2 yaitu sunnah dan wajib. Seseorang akan mudah dicintai Allah SWT,

 

sebagaimana dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Kucintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.

Ada berbagai macam puasa sunnah, diantaranya

1.      Puasa syawal

2.      Puasa Arafah

3.      Puasa senin dan kamis

4.      Puasa Asyura

5.      Puasa Daud

6.      Puasa 3 hari pada pertengahan bulan (menurut kalender islam, Yaumul Bidh) tanggal 13,14, dan 15

7.      Puasa pada sebagian bulan sya’ban

8.      Puasa bulan Haram, yaitu bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, dan Rajab

 

Kita akan membahas tentang puasa Syawal, yakni puasa sunnah selama 6 hari di bulan syawal. Pahala puasa syawal seperti puasa setahun penuh, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.

(HR. Muslim no. 1164).

 

Manfaat Puasa Syawal selain mendapat ganjaran pahala puasa setahun, juga mendapat manfaat yang lainnya, seperti :

1.      Menyempurnakan kekurangan ibadah wajib

2.      Untuk menjaga pola makan kita pasca Idul Fitri

3.      Menandakan diterimanya amalan puasa Ramadhan

4.      Dapat mendatangkan maghfirah atas dosa-dosa yang lalu.

 

Selain itu banyak manfaat lainnya dari puasa syawal yang pastiny abaik untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Mumpung masih bulan Syawal, mari kita dirikan puasa syawal agar senantiasa dicintai Allah SWT.