Ragam Produk Manik-Manik

Manik adalah sejenis benda kecil yang memiliki lubang di tengahnya untuk dimasuki sejenis benang atau tali dan selanjutnya dirangkai menjadi untaian. Jenis manik pun beragam dari yang sangat kecil sampai ukuran besar, dari yang polos sampai yang bercorak. Ada beberapa macam material bahan pembuat manik. Ada yang dibuat dari kayu, tanah, gading, mutiara, kristal, keramik, dan bebatuan alam. Masing-masing memiliki ciri khas warna yang tentunya juga mempengaruhi pemanfaatannya. Bagaimana beragam manik-manik dimanfaatkan.

Gelang

Produk yang paling banyak ditemui adalah gelang. Pembuatannya yang relatif mudah membuat produk ini ada dimana-mana. Tak jarang gelang dari manik-manik dijadikan oleh-oleh khas daerah tertentu. Memakai gelang untuk mempercantik penampilan masih menjadi pilihan masyarakat di sekitar kita, lho. Apalagi untuk meghadiri acara-acara yang menuntut kita untuk berpenampilan ‘lebih’.

30002.Gelang-Pink-Kitty1   Tasbih

Tasbih sudah populer sejak lama sebagai pelengkap ibadah bagi umat muslim. Tasbih berupa untaian manik yang biasanya terdiri dari 33 atau 99 butir. Di negara kita biasanya ditabahkan rumbai warna warni nan cantik. Bahkan beberapa tasbih bisa dipakai sebagai gelang sehingga praktis dibawa kemana saja. Tak jarang tasbih juga dijual di berbagai tempat wisata religi. Beberapa orang juga memilih tasbih sebagai souvenir pernikahan atau pengajian.

10122.Tasbih-Pin-Rose-Batu-Mata-Kucing3

Aksesoris dan Gantungan Kunci

Manik yang berwarna-warni juga sering ditambahkan pada bros untuk mempercantik tampilannya. Seringnya dipadukan dengan batuan, kain kaca dan bahan rajut. Apalagi trend hijab yang beragam dan warna warni membuat bros semakin digemari. Karena bros kini bisa disesuaikan untuk acara formal dan nonformal. Selain itu manik-manik bisa dibentuk menjadi karakter atau benda mungil yang praktis dimanfaatkan sebagai gantungan kunci

Tirai

Untuk tirai biasanya yang dipakai adalah ukuran besar mengingat penggunaannya. Tirai merupakan untaian manik yang lebih besar berfungsi sebagai hiasan pada pintu, misalnya. Meskipun tidak sepenuhnya menghalangi pandangan. Namun memasang tirai dari manik tetap menjadi pilihan untuk mempercantik interior rumah. Tentu karena warna dan jenis maniknya bisa disesuaikan.

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai pemanfaatan manik-manik di sekitar kita. Semoga menambah informasi untuk sahabat sekalian, ya :)

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci:

by Amalia Miza