Resepsi Pernikahan Islami

Bagi Anda yang akan menikah tentu persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari. Termasuk konsep resepsi pernikahan. Salah satu yang menjadi pilihan para pengantin sekarang ini adalah resepsi dengan konsep prasmanan, dimana tamu yang datang akan bersalaman dan berfoto dengan pengantin kemudian dipersilakan menikmati hidangan yang telah disediakan pada setiap stand menu makanan dan minuman. Banyak hidangan lezat dihadirkan disana.

Konsep prasmanan memang sedang menjadi trend. Karena tamu tak perlu duduk berlama-lama mengikuti acara seremonial menurut adat yang digunakan. Mereka menilai konsep ini lebih praktis dan hemat waktu. Para tamu yang datang pun merasa diuntungkan karena mungkin mereka tak bisa lama-lama menghadiri acara tersebut. Nah, bagaimana dengan konsep resepsi pernikahan islami?

Resepsi pernikahan islami atau walimatul ursy masih jarang sekali kita temukan di mayarakat. Mungkin karena belum banyak yang mengetahui bagaimana tata cara pernikahan islami ini diadakan. Sebenarnya secara garis besar konsep pernikahan ini sama saja dengan yang sudah ada. Namun ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan.

Pertama, tempat duduk laki-laki dan perempuan harus dipisah, bahkan di ruangan yang berbeda. Karena Islam mengharamkan campur baur antara laki-laki dan perempuan. Dengan begitu kemungkinan bersalaman dengan yang bukan mahram bisa dihindarkan.

Kedua, para tamu hendaknya diminta untuk berpakaian syari yang menutup seluruh auratnya.

Ketiga, menikmati hidangan dengan cara yang islami, tidak dengan berdiri. Inilah yang membedakan dengan konsep prasmanan yang seringkali membuat para tamu menikmati hidangan sambil berdiri karena kursi yang disediakan tidak mencukupi.

Keempat, hendaknya di dalamnya diiringi lagu-lagu yang islami. Sementara pada resepsi pernikahan saat ini seringkali diperdengarkan lagu-lagu campursari atau bahkan dangdut.

Kelima, alangkah lebih baik jika souvenir yang diberikan juga bersifat islami. Misalnya mukena atau tasbih.

Demikian penjelasan mengenai tata cara pernikahan islami. Semoga bisa menjadi masukan bagi Anda yang akan melangsungkan pernikahan. Agak sulit memang, namun tiada salahnya mengubah tradisi. Selama dipersiapkan dengan baik maka inshaa Allah akan berjalan lancar. Jangan lupa beritahu para tamu undangan jika Anda menggunakan konsep pernikahan Islami. Supaya mereka juga ikut mempersiapkannya dengan baik.

 

 

 

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci:

by Amalia Miza