SHALAT IDUL FITRI

Setelah kita menjalani ibadah puasa 1 bulan, saatnya merayakan hari kemenangan kita melawan hawa nafsu, amarah, dan menahan lapar dahaga. Untuk itu kita shalat idul fitri dan saling bermaaf-maafan dengan sanak saudara, tetangga, dan kerabat.

Apa sih shalat idul fitri itu ?

Shalat idul fitri yang dilakukan sesudah kita menjalani ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Shalat sunah ini dikerjakan dengan jumlah dua Raka’at tanggal 1 Syawal dan sebaiknya jika berangkat, berangkatlah ke masjid ataupun ke tanah lapang dengan memperbanyak mengucapkan kalimat takbir. Di pagi hari setelah mengerjakan shalat subuh dan sesudahnya kita mandi sunah hari raya.
Sunnah pada hari idul fitri sangat baik bila memperbanyak takbir, tahlil, tasbih dan tahmid untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri, juga sebagai tanda syukur karena banyak orang lalai dari berdzikir dan mengingat Allah.
Setiap umat muslim di sunnahkan beberapa amalan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri, diantaranya :
1. Mandi sebelum melaksanakan shalat idul fitri

Dari Ibnus Sabbaaq, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Hai kaum Muslimin, hari (Jum’ah) ini adalah satu hari yang Allah jadikan hari raya. Karena itu hendaklah kamu mandi”. [HR. Malik, dalam Al-Muwaththa’ juz 1, hal. 65, no. 113]

2. Memilih pakaian yang paling baik ketika melaksanakan sholat idul fitri

3. Dianjurkan berjalan menuju musholla atau masjid yang dituju

4. Memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tahlil

5. Makan kecil terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat idul fitri seperti kurma atau kue.

Dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW tidak pergi Shalat Hari Raya ‘Iedul Fithri melainkan sesudah makan. Dan tidak makan pada Hari Raya ‘Iedul Adlhamelainkan sesudah kembali dari shalat”. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 27, no. 540]

Setelah melaksanakan shalat idul fitri biasanya kita akan berkunjung ke rumah tetangga, saudara, dan keluarga. Selain melakukan silaturahmi, juga membagikan amplop lebaran untuk anak-anak yang berkunjung. Desain Amplop lebaran pada umumnya sangat sederhana, namun kini hadir desain amplop unik dan cantik hanya di Refiza Souvenir. Sudah kebagian, kan?

Halaman ini telah diakses dengan kata kunci: