Surah Yasin

AgQ3sBDLQMd7Qb88SPAuhM7Dx8f5jRb1uSBVsTaLjzqA

Surah Yasin merupakan surat dalam Al-Qur’an yang tergolong ke dalam surat makiyyah. Yasin terdiri dari 83 ayat, diturunkan sesudah surat Jin. Surah Yasin sebagai jantung Al-Qur’an mampu menyalakan seluruh ayat Al-Qur’an memancarkan cahaya bagi hati umat muslim. Diibaratkan seperti generator yang mampu menggerakkan listrik untuk menerangi setiap rumah-rumah dan perkotaan. Inti surah Yasin adalah wujud Yang Mulia Rasulullah Muhammad SAW yang telah menerangi hati umat dengan cahaya Al-Qur’an.


“Sesungguhnya pada setiap sesuatu itu ada jantung. Dan jantungnya Al-Qur’an adalah Yasin. Barangsiapa membacanya, maka dia seakan-akan membaca Al-Qur’an sepuluh kali.”
Sudahkan anda membaca surah Yasin? Surah yasin banyak dibaca oleh kaum muslim ketika sesudah shalat, dibaca ketika acara tahlilan atau setiap malam jum’at , membaca surah yasin ketika sedang sakit, membaca surah Yasin ketiak kerabat sakaratul maut, dan lain sebagainya. Banyak keistimewaan dan manfaat Surah Yasin yang belum kita ketahui.
Rasulullah S.A.W bersabda “Apabila datang ajal orang yang suka membaca surat Yassin pada setiap hari, turunlah beberapa malaikat berbaris bersama Malaikat maut. Mereka berdoa dan meminta dosanya diampunkan Allah, menyaksikan ketika mayatnya dimandikan dan turut menyembahyangkan jenazahnya”.

Inilah beberapa fadhilah / keutamaan Surah Yasin :
• Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin (Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam (selesai) sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.
• Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.
• Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah surah yaasiin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.
• Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.
• Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya.
Nah, sesudah memahami hal-hal tersebut mari mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, ya. Semoga ridho Allah SWT selalu mengiringi langkah kita.
Refiza menyediakan yasin cantik untuk menemani keperluan ibadahmu.

by Amalia Miza