Tentang Aqiqah

aqiqah

Aqiqah menurut fiqih adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah yakni lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan. Ada tiga pendapat ulama dalam masalah status hukum akikah yaitu wajib, sunnah mu’akkad dan sunnah. Menurut madzhab Syafi’i hukumnya adalah sunnah (mustahab) apabila mampu.

Aqiqah dilaksanakan oleh orang tua anak, disunahkan dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Apabila aqiqah tidak dilakukan sampai anak mencapai akil baligh, maka gugurlah kewajiban aqiqah bagi orang tua. Anak yang belum diaqiqahi sampai baligh boleh beraqiqah untuk dirinya sendiri dan boleh tidak melakukannya.

Aqiqah memiliki beberapa keutamaan, yaitu sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah dengan lahirnya sang anak. Selain itu juga untuk menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam, bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Empat Hadits shahih menurut Tirmidzi.

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى
Artinya: Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur habis1 rambutnya, dan diberi nama

Hadits dalam sahih Bukhari

مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى
Artinya: Setiap anak bersama aqiqahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah gangguan darinya

Daging dari hewan sembelihan hendaknya dimasak sebagai lauk dan diberikan kepada fakir miskin. Dapat berupa undangan ke rumah ataupun dihantarkan ke rumahnya. Namun bagi masyarakat di sekitar kita, biasanya diadakan acara aqiqah sekaligus syukuran kelahiran. Di dalamnya juga dilakukan sunnah memotong rambut si anak dan pemberian nama oleh kedua orang tua disaksikan seluruh kerabat dan tetangga dari lingkungan sekitar. Setelah prosesi tersebut kemudian hidangan dikeluarkan. Saat pulang pun para tamu undangan masih diberi hantaran dan souvenir agar lebih mengesankan.

Acara aqiqah di masyarakat kita sedikit banyak telah memberikan manfaat. Selain menjalin silaturahmi dengan keluarga dan para tetangga, tentu juga memberikan sedikit kebahagiaan kepada para fakir dan miskin di sekitar dengan memberikan lauk pauk yang bergizi. Maka jangan pernah ragu untuk berbagi, karena dengan berbagi hidup kita akan lebih berarti.

Refiza menawarkan souvenir tasbih yang cantik untuk acara aqiqah putra/putri Anda. Selengkapnya silakan hubungi customer service kami dan dapatkan harga menarik untuk pembelian paket souvenir.