TRADISI LEBARAN

Momen lebaran adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim di dunia. Tradisi lebaran ini sudah terjadi secara turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih belum terkikis oleh modernisasi jaman. Berikut adalah kegiatan yang sudah menjadi tradisi saat lebaran, khususnya di Indonesia.

1. Mudik / Pulang kampung

Libur lebaran umumnya lebih panjang daripada libur di hari lain, sehingga orang-orang memiliki banyak waktu untuk pulang kampung ataupun berkunjung ke sanak saudara yang jauh. Mudik merupakan tradisi terbesar di hari lebaran bagi masyarakat Indonesia. Mudik atau pulang kampung memang sudah menjadi tradisi turun-temurun, biasanya anak rantau yang pulang ke kampung halamannya. Puluhan juta penduduk Indonesia mudik dari sabang sampai merauke.

2. Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah tradisi untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk menjalin silaturahmi dan ber maaf-maafan. Suasana halal bi halal yang penuh dengan nuansa reigius, kekeluargaan dan keterbukaan membuat kenangan yang manis bersama sanak saudara kita.

3. Makan Bersama

Setelah shalat idul fitri biasanya makan bersama keluarga besar. Makanan dan camilan khas lebaran yang seolah-olah menjadi wajib ada di rumah saat hari raya Idul Fitri diantaranya adalah ketupat dan opor ayam.

4. Ziarah makam

Ziarah makam seakan kegiatan wajib saat ramadhan atau setelah sholat idul fitri. Mengunjungi makam keluarga besar yang sudah berpulang untuk mendoakan agar dilapangkan kuburnya.

5. Petasan

Selalu ada bunyi “jedar jeder” disetiap malam lebaran. Anak kecil , muda , dan tua senang menyambut idul fitri dengan petasan dan kembang api. Meskipun sudah marak terjadi razia petasan tetapi sulit untuk ditangani lantaran sudah mengakar dan sudah menjadi tradisi.

6. THR

THR atau Tunjangan Hari Raya sudah menjadi hal yang umum di perusahaan-perusahaan yang dikeluarkan untuk para karyawannya. Hal ini telah menjadi ketetapan pemerintah.

7. Tradisi beli baju baru

Pakaian Baru untuk lebaran sudah menjadi tradisi.. Ketika memasuki hari-hari terakhir Ramadhan, sejumlah pusat perbelanjaan mengadakan diskon hingga 70%, tentu saja ramai dikunjungi. Utamanya, mereka datang untuk membeli baju lebaran baru.

Nah, itulah beberapa tradisi menjelang lebaran yang marak di negara kita. Bagaimana persiapan lebaranmu?