fbpx

Sejak dalam kandungan manusia sudah ditentukan takdirnya oleh Allah SWT. Salah satunya adalah kematian. Setiap makhluk hidup pasti akan mati. Tidak ada yang kekal di dunia ini. Semua akan kembali kepada Allah. Kewajiban kita selagi masih hidup adalah mendoakan yang sudah meninggal, seperti ayah, ibu, saudara, guru,dll. Orang yang sudah meninggal akan mempertanggungjawabkan segala amalannya saat ia masih hidup dihadapan Allah.

Orang yang sudah meninggal sangat membutuhkan doa dari saudaranya yang masih hidup. Seperti hal nya doa anak shalih terhadap orang tuanya akan terus mengalir dan bisa menjadi penyelamat bagi orang tuanya. Diantara yang mendatangkan manfaat bagi orang yang meninggal antara lain shadaqah diatasnamakan orang yang telah wafat, doa, dan istighfar.  Diantara hadiah yang dapat mendatangkan manfaat untuk orang yang sudah meninggal yaitu membaca Alquran dan menhadiahkan pahalanya untuk yang sudah meninggal. Banyak hadits yang menjelaskan tentang manffat doa terhadap orang yang sudah meninggal.

Berkata seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW : Ya Rasulullah ! Ibu bapakku telah meninggal dunia, adakah suatu bakti yang dapat aku lakukan untuk mereka?” Jawab beliau :”Empat hal yang dapat kau lakukan: berdoa dan beristighfar bagi keduanya, melaksanakan pesan-pesan mereka, berbuat baik kepada kawan-kawan mereka dan menghubungkan tali silaturahmi yang tidak bersambung kecuali dengan perantaraan keduanya.”

Diriwayatkan bahwasannya Sa’ad bin Ubadah r.a berkata kepada Rasulullah Saw : sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara tiba-tiba. Sekiranya ia masih sempat berbicara niscaya ia akan bersedekah. Dapatkah aku bersedekah untuknya?” beliau menjawab : “Ya! Maka Sa’ad pun menggali sebuah sumur dan menyedekahkannya atas nama ibunya.(H.R. Bukhari, Muslim, Nasai, Abu Daud dan Ahmad).

Amalan-amalan seperti shadaqah, doa, dan istighfar telah diamalkan oleh kaum muslimin. Walaupun hadits mengenai manfaat berdoa untuk orang yang meninggal adalah hadits dhaif, tapi masih boleh dijadikan pegangan untuk amal kebajikan. Sebagai anak yang sholih/sholihah marilah kita doakan keluarga kita yang sudah meninggal. Refiza souvenir bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggal. Untuk informasi dan pemesanan silakan hubungi customer service kami. Jangan lupa update salu informasi produk-produk kami di akun instagram kami @refizasouvenir. Dapatkan harga menarik untuk pembelian diatas 250pcs.

 

Tinggalkan Balasan