fbpx

Tahlil atau tahlilan telah menjadi tradisi kaum muslimin di Indonesia, sebagai upaya untuk bertawashul kepada Allah SWT.

Lantas, mengapa sih mengadakan tahlil untuk yang sudah meninggal ?

  1. Bacaan Al-Qur’an sampai ke Orang yang sudah meninggal

Bacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dihadiahkan untuk mayit menurut pendapat mayoritas ulama’ boleh dan pahalanya bisa sampai kepada mayit tersebut.

Dari sahabat Ma’qal bin Yasar r.a. bahwa Rasulallah s.a.w. bersabda : surat Yasin adalah pokok dari al-Qur’an, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap ridha Allah kecuali diampuni dosa-dosanya. Bacakanlah surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia di antara kalian. (H.R. Abu Dawud, dll)

2. Pahala sedekah sampai ke Orang yang sudah meninggal

Sedekah yang dikeluarkan seorang anak untuk orang tuanya yang telah meninggal dunia, maka pahalanya akan sampai kepada keduanya.

Selain itu segala amal shalih yang diamalkan anaknya maka pahalanya juga akan sampai kepada kedua orang tuanya tanpa mengurangi pahala si anak, sebab si anak merupakan hasil usaha kedua orang tuanya.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma :

أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ أُمّـِيْ افْـتُـلِـتَتْ نَـفْسُهَا (وَلَـمْ تُوْصِ) فَـأَظُنَّـهَا لَوْ تَـكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، فَـهَلْ لَـهَا أَجْـرٌ إِنْ تَـصَدَّقْتُ عَنْهَا (وَلِـيْ أَجْـرٌ)؟ قَالَ: «نَعَمْ» (فَـتَـصَدَّقَ عَـنْـهَا).

Bahwasanya ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ,

“Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara tiba-tiba (dan tidak memberikan wasiat), dan aku mengira jika ia bisa berbicara maka ia akan bersedekah, maka apakah ia memperoleh pahala jika aku bersedekah atas namanya (dan aku pun mendapatkan pahala)? Beliau menjawab, “Ya, (maka bersedekahlah untuknya).”[3]

Nah itu dia penjelasan lengkapnya sahabat.

Dari dua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, tak ada salahnya bagi kita mengadakan Tahlil teruntuk mereka yang sudah meninggal. Insha Allah pahala yang kita terima, juga akan sampai kepada almarhum.

Dan ada baiknya jika bersedekah dengan sesuatu yang bermanfaat. Seperti souvenir islami dari Refiza Souvenir, Insha Allah dapat menjadi sedekah jariyah.

Jadi tunggu apalagi sahabat, buruan pesan souvenirmu untuk mengenang mereka yang tersayang sekarang juga.

Info selanjutnya kunjungi www.refiza.com .

Tinggalkan Balasan