fbpx

 

Berdzikir adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdzikir menggunakan ruas-ruas jari atau ujung-ujung jari adalah petunjuk Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam memberikan petunjuk dengan cara yang paling mudah yang dapat dilakukan siapa pun, dimana pun, dan kapan pun. Lalu orang-orang yang datang setelah mereka beranggapan bahwa berdzikir hanya sebanyak hitungan ruas-ruas jari tidak cukup. Berdzikir dalam jumlah yang banyak tidak dapat dilakukan melainkan harus dihitung dengan sesuatu seperti batu kerikil atu biji-bijian, menurut mereka.

“Dzikir kepada Allah Ta’ala adalah ibadah terbesar dibandingkan ibadah lainnya,” demikian kata Ibn Abbas RA. Imam ghazali menjelaskan bahwa dzikir mengharuskan adanya rasa suka dan cinta kepada Allah Ta’ala. Maka tidak akan ada yang mengamalkannya kecuali jiwa yang dipenuhi rasa suka, dan cinta untuk selalu mengingat dan kembali kepada-Nya. Orang yang mencintai sesuatu akan banyak mengingatnya, dan orang yang banyak mengingat sesuatu pasti akan mencintainya. Begitu halnya dengan orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Dzikrullah adalah satu ibadah yang sangat mulia dan begitu dianjurkan. Keutamaan dan nilai dari ibadah ini begitu besar dan beragam. Al-Qur’an dan hadits sangat menganjurkan juga mengisyaratkan betapa mulia ibadah dzikir. Allah SWT memerintah kaum muslim untuk banyak berdzikir, tanpa dibatasi jumlahnya. Seperti dijelaskan pada ayat berikut:

Wahai orang-orang yang beriman banyak-banyaklah berdzikir kepada Allah”. (QS. Al-Ahzab: 41)

Keutamaan berdzikir begitu besar, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an:

“Dan sesungguhnya berdzikir kepada Allah itu adalah lebih besar –keutamaannya-“. (QS. Al-‘Ankabut: 45)

Dalam islam untuk mengucapkan bacaan tasbih secara berulang-ulang ini diciptakanlah alat yang disebut misbaha dan di Indonesia sendiri disebut juga dengan nama biji tasbih terkadang disingkat menjadi tasbih (tasbeh) saja. Biasanya biji tasbih dibuat dari kayu, namun ada pula biji tasbih yang dibuah dari bji-biji zaitun. Umumnya seutas biji tasbih terdiri dari 99 batu. Angka 99 ini melambangkan 99 Asma Allah. Namun ada pula biji tasbih yang terdiri dari 33 atau 11 batu-batuan. Pada kedua kasus terakhir ini, sang pengguna harus mengulangi lingkaran tiga atau sembilan kali. Meskipun begitu, ada pula biji tasbih yang terdiri dari 100 atau 1.000 batu. Rasulullah SAW lalu bersabda, “Jika seseorang bertasbih 100 kali dalam sehari, maka akan dicatat baginya seribu kebaikan atau dihapuskan darinya seribu kesalahan” (HR Muslim). Tasbih menurut definisi para ulama adalah memurnikan Allah dari segala sifat buruk dan kekurangan, dengan mengatakan subhanallah, Mahasuci Allah. Tasbih termasuk amalan yang sangat mudah, tapi sarat pahala. Sebagai bagian dari zikir, tasbih bisa dilakukan kapan pun dan di manapun.

Selain sarat dengan kebaikan dan pahala, tasbih juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Berikut beberapa keutamaan tasbih:

– Tasbih adalah ucapan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Sahabat Abu Dzar pernah meminta Rasulullah SAW agar diajarkan suatu perkataan yang paling dicintai oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda: “Perkataan yang paling dicintai oleh Allah adalah Subhaanallaah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya)” (HR Muslim).

-Tasbih adalah amalan ringan yang berat nilai timbangannya di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda: “Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah yang Maha Pengasih, yaitu kalimat Subhaanallah Wa Bihamdihi Subhaanallaahil Adzim” (HR Bukhari dan Muslim).

– Orang yang bertasbih ditanamkan baginya kurma di surga. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi, maka baginya disiapkan tanaman pohon kurma di surga” (HR Ibnu Hibban).

-Tasbih menyelamatkan dari keburukan. Inilah yang dialami oleh Nabi Yunus AS seperti diceritakan dalam Alquran. Nabi Yunus yang ditelan ikan besar diselamatkan oleh Allah berkat tasbih yang beliau ucapkan. Maka sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kiamat (QS ash-Shaffat [37]: 143-144).

Refiza menyediakan souvenir islami yang cantik dan juga menarik, yang dapat membuat hari istimewa kalian semakin istimewa, dengan harga yang istimewa yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya, jika anda memesan di tempat kami sekarang juga tentunya akan sesuai dengan keinginan anda dan kami dapat menyesuaikan budget anda. Terutama jika anda membeli banyak akan mendapatkan harga khusus, karena pembelian banyak harga akan semakin murah.

Salah satu souvenir yang menjadi best seller kami adalah tasbih cantik harga terjangkau  kualitas terbaik, dapat dijadikan sebagai souvenir dalam acara pernikahan, souvenir haji, souvenir umroh, aqiqah, dan cocok untuk acara apapun, dengan packing mika cantik, dan berbagai pilihan warna yang akan menggoda mata kalian dan juga dapat menemani dzikir kalian dimanapun kalian berada. Kami melayani dengan sepenuh hati, jika anda berminat silahkan hubungi kami melalu WA ke nomor 08978024789, dan juga untuk beberapa pilihan produk produk kami, anda dapat mengunjungi website kami www.refiza.com dan follow instagram kami @refizasouvenir. Jadi segera pesan sekarang juga !!

Tinggalkan Balasan