fbpx

Sahabat Refiza sudah tau belum apa itu Walimatus Safar? Mungkin sebagian dari sahabat ada yang sering mendengar kata ini, namun masih bingung makna dan tujuan dari walimatus safar.

Nah daripada penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

  • Pengertian Walimatus Safar

Kata walimah (وليمة) artinya “acara, upacara, kenduri, hajatan.” Kata safar (سفر) artinya “bepergian, safar, perjalanan.” Jadi, walimatus safar itu berarti acara atau upacara yang diadakan oleh seseorang karena akan melakukan suatu perjalanan suci, menunaikan ibadah haji.

  • Hukum Walimatus Safar

Arch Islamic architecture in Mecca

Dalam hukum Islam pelaksanaan acara ini tidak ada tuntunanya atau dalilnya. Ada yang melarang kegiatan ini karena ghoir masyru’ adapula yang mengharuskan dan ada pula yang sekedar menganjurkan.

Jalan tengahnya adalah jika sahabat akan melakukan walimatus safar, maka harus diyakini bukan merupakan kegiatan ibadah haji, tidak boleh berlebihan, tidak didasarkan riya serta jauh dari hal-hal yang berbau kemusyrikan. 

  • Tata Cara Walimatus Safar

  • Undang sanak saudara, kerabat, ataupun tetangga
  • Beri tahu rencana keberangkatan baik waktu maupun hal lain
  • Undang Ustadz untuk berda’wah
  • Ada baiknya Calon jamaah Haji atau Umroh meminta maaf secara terbuka kepada seluruh handai taulan yang hadir
  • Saling mendo’akan baik saat berkumpul maupun setelah berpisah
  • Kesempatan untuk bersedekah dengan yang lain, dapat memberikan souvenir REFIZA yang tak hanya cantik namun juga bermanfaat

Sekarang sahabat Refiza sudah tau kan apa itu walimatus safar. Bagi sahabat yang ingin mendo’akan keberangkatan saudaranya untuk ibadah haji dapat mengamalkan hadits dari Abu Hurairoh Ra ini yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan :

“astawdu’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu” (Aku menitipkan kalian kepada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya) — HR Ibnu Majjah dan Ahmad.

Al Hafidz Abu Thohir mengatakan hadits ini Sahih.

Semoga safarnya calon jamaah baik sejak berangkat hingga kembali senantiasa ada dalam “jamuan” Allah SWT, dimudahkan rezekinya dan dilancarkan perjalanannya. Amin ya rabbal alamin.

Untuk artikel bermanfaat lainnya yuk kunjungi blog kami di www.refiza.com

Tinggalkan Balasan